![]() |
Koloborasi Sesama Guru |
1 Membangun Ikatan (Bonding) dengan Siswa
Kedekatan
hubungan antara pendidik dengan siswa dapat membantu Anda untuk memahami siswa
secara lebih mendalam Semakin guru dapat memahami kemampuan siswa maka semakin
besar guru dapat menemukan cara yang efektif untuk meningkatkan partisipasi
belajar mereka
2 Memberi Tantangan
secara Bertahap
Dalam
pelaksanaannya guru dapat memecah tahapan kegiatan pembelajaran yang dilakukan
dan menyesuaikannya dengan tingkat kesulitan siswa Kegiatan ini dilakukan untuk
membuat siswa bisa merasakan keberhasilankeberhasilan kecil yang telah mereka
capai Dengan begitu mereka akan merasa mampu dan lebih percaya diri dengan
kemampuan yang mereka miliki
3 Memelihara Rasa Ingin Tahu
Rasa
ingin tahu adalah kunci penting yang dapat menjaga konsistensi keterlibatan
siswa dalam proses kegiatan belajar Untuk memancing rasa ingin tahu tersebut
guru dapat memberikan beberapa kumpulan pertanyaan tentang halhal yang ingin
mereka ketahui dalam kegiatan pembelajaran Kumpulan pertanyaan tersebut juga
dapat menjadi bahan eksplorasi kegiatan untuk menghidupkan projek profil baik
dalam melaksanakan proses maupun dalam mengembangkan produk yang dihasilkan.
4 Melakukan Refleksi
secara Berkala
Kegiatan
refleksi sangat penting untuk dilakukan Dengan adanya refleksi proses kegiatan
pembelajaran dapat tergenapi dengan baik Dalam kegiatan refleksi ini guru
diharapkan dapat memberi umpan balik yang cukup agar siswa dapat terus
meningkatkan kemampuan belajarnya
5 Untuk Peserta
Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Pendampingan Pengulangan dan Pembiasaan
Perkembangan
potensi dan karakteristik yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus tidak
terlepas dari adanya pendampingan pengulangan dan pembiasaan yang dilakukan
guru Adapun prinsip dalam melakukan pendampingan yaitu meliputi
a
Pengenalan keunikan karakteristik siswa berkebutuhan khusus
b
Fokus dan percaya pada potensi yang dapat dikembangkan
c
Memperlakukan siswa setara dengan orang lain pada umumnya
d
Pelibatan orangtua dan keluarga dalam praktik pendampingan pengulangan dan pembiasaan
Demikianlah
penjelasan mengenai pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
Semoga artikel ini dapat membantu Anda
Source : https://blog.kejarcita.id/pelaksanaan-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila
0 Response to "5 Langkah Optimalisasi Pelaksanaan P5 Di Madrasah Aliyah"
Post a Comment