5 Langkah Optimalisasi Pelaksanaan P5 Di Madrasah Aliyah

P5
Koloborasi Sesama Guru


1 Membangun Ikatan (Bonding) dengan Siswa

Kedekatan hubungan antara pendidik dengan siswa dapat membantu Anda untuk memahami siswa secara lebih mendalam Semakin guru dapat memahami kemampuan siswa maka semakin besar guru dapat menemukan cara yang efektif untuk meningkatkan partisipasi belajar mereka

2 Memberi Tantangan secara Bertahap

Dalam pelaksanaannya guru dapat memecah tahapan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dan menyesuaikannya dengan tingkat kesulitan siswa Kegiatan ini dilakukan untuk membuat siswa bisa merasakan keberhasilankeberhasilan kecil yang telah mereka capai Dengan begitu mereka akan merasa mampu dan lebih percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki

3 Memelihara Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu adalah kunci penting yang dapat menjaga konsistensi keterlibatan siswa dalam proses kegiatan belajar Untuk memancing rasa ingin tahu tersebut guru dapat memberikan beberapa kumpulan pertanyaan tentang halhal yang ingin mereka ketahui dalam kegiatan pembelajaran Kumpulan pertanyaan tersebut juga dapat menjadi bahan eksplorasi kegiatan untuk menghidupkan projek profil baik dalam melaksanakan proses maupun dalam mengembangkan produk yang dihasilkan. 5 Langkah Optimalisasi Pelaksanaan P5 Di Madrasah Aliyah

4 Melakukan Refleksi secara Berkala

Kegiatan refleksi sangat penting untuk dilakukan Dengan adanya refleksi proses kegiatan pembelajaran dapat tergenapi dengan baik Dalam kegiatan refleksi ini guru diharapkan dapat memberi umpan balik yang cukup agar siswa dapat terus meningkatkan kemampuan belajarnya

5 Untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Pendampingan Pengulangan dan Pembiasaan

Perkembangan potensi dan karakteristik yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus tidak terlepas dari adanya pendampingan pengulangan dan pembiasaan yang dilakukan guru Adapun prinsip dalam melakukan pendampingan yaitu meliputi

a Pengenalan keunikan karakteristik siswa berkebutuhan khusus

b Fokus dan percaya pada potensi yang dapat dikembangkan

c Memperlakukan siswa setara dengan orang lain pada umumnya

d Pelibatan orangtua dan keluarga dalam praktik pendampingan pengulangan dan pembiasaan

Demikianlah penjelasan mengenai pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila Semoga artikel ini dapat membantu Anda


Source : https://blog.kejarcita.id/pelaksanaan-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila

Related Posts :

0 Response to "5 Langkah Optimalisasi Pelaksanaan P5 Di Madrasah Aliyah"