Penentuan dimensi profil pelajar Pancasila akan dilakukan oleh tim fasilitator dan kepala satuan pendidikan
Pemilihan dimensi profil pelajar Pancasila
akan merujuk pada visi dan misi yang terdapat pada satuan pendidikan ataupun
program kegiatan pembelajaran yang dijalankan pada tahun ajaran tersebut
Agar tujuan dapat lebih terarah dan jelas maka
dimensi profil pelajar yang akan dikembangkan dalam suatu projek profil
sebaiknya tidak terlalu banyak.
Setelah menentukan dimensi sasaran maka
langkah selanjutnya yaitu menentukan elemen dan subelemen yang harus sesuai
dengan kondisi dan kebutuhan siswa pada tahap pengembangan modul projek profil
Jika kepala satuan pendidikan sudah
berpengalaman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis projek maka
jumlah dimensi yang dipilih bisa bertambah yang terpenting adalah dimensi yang
dipilih harus sesuai dengan kesiapan tingkat satuan pendidikan
Pelaksanaan Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila
Dalam melaksanakan projek profil
pada pendidikan kesataraan terdapat beberapa hal yang penting untuk
diperhatikan yaitu diantaranya
Untuk melaksanakan projek profil Pancasila
jumlah alokasi SKK yang digunakan dalam setiap fase akan diambil dari alokasi
SKK untuk Kelompok Pemberdayaan dan Keterampilan Dan yang terpenting yaitu
harus disesuaikan dengan jumlah SKK yang telah ditetapkan dalam struktur
kurikulum
Alokasi SKK untuk setiap projek profil
Pancasila tidak haruslah sama Dalam pelakasanaannya satu kegiatan dapat
dilakukan dengan menggunakan lebih banyak SKK daripada kegiatan yang lainnya
Waktu pelaksanaan projek penguatan profil
pelajar Pancasila (P5) akan ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara satuan
pendidikan siswa dan lingkungan belajar yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan
projek profil pelajar Pancasila tersebut Dalam hal ini guru sangat penting
untuk membuat urutan waktu dalam mengerjakan projek profil Pancasila ini
Adapun topik kegiatan pemberdayaan dan/atau
jenis keterampilan yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan harus relevan dan
sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan
Aktivitas dari kegiatan projek profil ini
dapat dilaksanakan secara langsung di lingkungan satuan pendidikan atau di
lingkungan tempat tinggal siswa sendiri maupun di lingkungan satuan pendidikan
yang lain
Pengembangan Alur Aktivitas
Projek Profil
1 Pendidik akan bekerjasama
dengan tim fasilitator projek profil untuk membuat alur yang berisikan kegiatan
projek profil Pendidik akan menggunakan struktur aktivitas yang telah
disepakati bersama
2 Halhal yang ditentukan dalam
tahap perancangan projek profil pelajar Pancasila harus disusun berdasarkan
alur dan menambahkan strategi pembelajaran alat ajar dan narasumber yang
dibutuhkan untuk pengembangan serta pendalaman dimensi
Contoh Alur (Sequence) Projek
Profil
1 Pengenalan
Melakukan pengenalan dan
membangun kesadaran siswa terhadap tema yang sedang dipelajari
2 Kontekstualisasi
Menggali permasalahan yang ada di
lingkungan sekitar Pastikan bahwa permasalahan tersebut berkaitan dengan topik
pembahasan
3 Aksi
Merancang peran yang dapat
dilakukan siswa dengan melakukan suatu aksi nyata
4 Refleksi
Kegiatan berbagai karya dan
melakukan evaluasi
5 Tindak Lanjut
Menyusun langkah yang strategis
Soufce : https://blog.kejarcrceita.id/pelaksanaan-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila
0 Response to "Bagaimana Cara untuk Menentukan Tema Dan Dimensi Projek Penguatan Profil Pancasila"
Post a Comment