Bagaimana Cara untuk Menentukan Tema Dan Dimensi Projek Penguatan Profil Pancasila

Tema Dan Demesi P5


Penentuan dimensi profil pelajar Pancasila akan dilakukan oleh tim fasilitator dan kepala satuan pendidikan

Pemilihan dimensi profil pelajar Pancasila akan merujuk pada visi dan misi yang terdapat pada satuan pendidikan ataupun program kegiatan pembelajaran yang dijalankan pada tahun ajaran tersebut

 Agar tujuan dapat lebih terarah dan jelas maka dimensi profil pelajar yang akan dikembangkan dalam suatu projek profil sebaiknya tidak terlalu banyak. Bagaimana Cara untuk Menentukan Tema Dan Dimensi Projek Penguatan Profil Pancasila

 Setelah menentukan dimensi sasaran maka langkah selanjutnya yaitu menentukan elemen dan subelemen yang harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa pada tahap pengembangan modul projek profil

 Jika kepala satuan pendidikan sudah berpengalaman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis projek maka jumlah dimensi yang dipilih bisa bertambah yang terpenting adalah dimensi yang dipilih harus sesuai dengan kesiapan tingkat satuan pendidikan

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dalam melaksanakan projek profil pada pendidikan kesataraan terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan yaitu diantaranya

 Untuk melaksanakan projek profil Pancasila jumlah alokasi SKK yang digunakan dalam setiap fase akan diambil dari alokasi SKK untuk Kelompok Pemberdayaan dan Keterampilan Dan yang terpenting yaitu harus disesuaikan dengan jumlah SKK yang telah ditetapkan dalam struktur kurikulum

 Alokasi SKK untuk setiap projek profil Pancasila tidak haruslah sama Dalam pelakasanaannya satu kegiatan dapat dilakukan dengan menggunakan lebih banyak SKK daripada kegiatan yang lainnya

 Waktu pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) akan ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara satuan pendidikan siswa dan lingkungan belajar yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan projek profil pelajar Pancasila tersebut Dalam hal ini guru sangat penting untuk membuat urutan waktu dalam mengerjakan projek profil Pancasila ini

 Adapun topik kegiatan pemberdayaan dan/atau jenis keterampilan yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan harus relevan dan sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan

 Aktivitas dari kegiatan projek profil ini dapat dilaksanakan secara langsung di lingkungan satuan pendidikan atau di lingkungan tempat tinggal siswa sendiri maupun di lingkungan satuan pendidikan yang lain

Pengembangan Alur Aktivitas Projek Profil

1 Pendidik akan bekerjasama dengan tim fasilitator projek profil untuk membuat alur yang berisikan kegiatan projek profil Pendidik akan menggunakan struktur aktivitas yang telah disepakati bersama

2 Halhal yang ditentukan dalam tahap perancangan projek profil pelajar Pancasila harus disusun berdasarkan alur dan menambahkan strategi pembelajaran alat ajar dan narasumber yang dibutuhkan untuk pengembangan serta pendalaman dimensi

Contoh Alur (Sequence) Projek Profil

1 Pengenalan

Melakukan pengenalan dan membangun kesadaran siswa terhadap tema yang sedang dipelajari

2 Kontekstualisasi

Menggali permasalahan yang ada di lingkungan sekitar Pastikan bahwa permasalahan tersebut berkaitan dengan topik pembahasan

3 Aksi

Merancang peran yang dapat dilakukan siswa dengan melakukan suatu aksi nyata

4 Refleksi

Kegiatan berbagai karya dan melakukan evaluasi

5 Tindak Lanjut

Menyusun langkah yang strategis

Soufce : https://blog.kejarcrceita.id/pelaksanaan-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila


Related Posts :

0 Response to "Bagaimana Cara untuk Menentukan Tema Dan Dimensi Projek Penguatan Profil Pancasila"