Sahabat Madrasah Apa itu Kurikulum merdeka ? Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam di mana konten pembelajaran akan dibuat lebih optimal dengan begitu siswa akan memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep pembelajaran dan menguatkan kompetensi Dalam kurikulum merdeka siswa tidak hanya sekadar dibentuk menjadi siswa yang cerdas saja tetapi siswa juga akan dibentuk sebagai siswa yang berkarakter dan sesuai dengan nilainilai Pancasila atau biasa disebut sebagai wujud dari Profil Pelajar Pancasila. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Aliyah
Projek penguatan profil pelajar
Pancasila dalam Kurikulum Merdeka merupakan kegiatan kokurikuler yang berbasis
projek Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk menguatkan
upaya dalam pencapaian kompetensi belajar dan karakter yang sesuai dengan
profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan SKL
Dalam pelakasanaannya kegiatan
ini dapat dilakukan secara fleksibel baik dari segi muatan kegiatan
pembelajaran dan alokasi waktu yang akan digunakan Projek penguatan profil
pelajar Pancasila ini dirancang secara terpisah dari kegiatan intrakulikuler
karena tujuan muatan dan proses kegiatan projeknya tidak berkaitan dengan tujuan
dan materi pelajaran intrakulikuler tersebut
Panduan dalam Membentuk Tim
Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Tim fasilitator dibentuk dan
dikelola oleh kepala satuan pendidikan dan koordinator projek profil Tugas dari
tim fasilitator yaitu merencanakan menjalankan dan mengevaluasi kegiatan projek
profil Pancasila Jumlah tim fasilitator disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan
kondisi dari satuan pendidikan yang mana dilihat dari
Jumlah siswa dalam satu satuan pendidikan
Jumlah tema yang dipilih dalam satu tahun
ajaran tergolong banyak
Jumlah jam mengajar guru yang belum terpenuhi
atau dialihkan untuk projek profil
Pertimbangan terhadap beberapa hal lain yang
akan disesuaikan dengan kebutuhan masingmasing satuan pendidikan
Langkah dalam Membentuk Tim
Fasilitator Projek Profil
1 Koordinator projek profil akan
ditentukan oleh kepala satuan pendidikan Adapun tim dari koordinator projek
profil bisa berasal dari wakil kepala satuan pendidikan ataupun guru yang
berpengalaman dalam melaksanakan projek
2 Koordinator projek profil dapat
membentuk koordinator di level kelas jika SDMnya mencukupi Misalnya di kelas 1
koordiantor yang dipilih adalah satu orang satu orang koordinator di kelas 2
dan seterusnya Sementara pada pendidikan khusus koordinator dapat dipilih
berdasarkan jenis kekhususan pendidik
3 Kepala satuan pendidikan
bersama koordinator projek profil akan memetakan pendidik dari setiap kelas
untuk menjadi tim fasilitator projek profil
4 Tim fasilitator projek profil
Pancasila akan dibimbing koordinator untuk merancang dan membuat modul projek
profil untuk setiap kelas atau fase
Source : https://blog.kejarcita.id/pelaksanaan-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila
https://blog.kejarcita.id/pelaksanaan-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila
0 Response to "Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Aliyah"
Post a Comment