Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Aliyah

Pelajar Belajar


Sahabat Madrasah Apa itu Kurikulum merdeka ? Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam di mana konten pembelajaran akan dibuat lebih optimal dengan begitu siswa akan memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep pembelajaran dan menguatkan kompetensi Dalam kurikulum merdeka siswa tidak hanya sekadar dibentuk menjadi siswa yang cerdas saja tetapi siswa juga akan dibentuk sebagai siswa yang berkarakter dan sesuai dengan nilainilai Pancasila atau biasa disebut sebagai wujud dari Profil Pelajar Pancasila. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Aliyah

Projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka merupakan kegiatan kokurikuler yang berbasis projek Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk menguatkan upaya dalam pencapaian kompetensi belajar dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan SKL

Dalam pelakasanaannya kegiatan ini dapat dilakukan secara fleksibel baik dari segi muatan kegiatan pembelajaran dan alokasi waktu yang akan digunakan Projek penguatan profil pelajar Pancasila ini dirancang secara terpisah dari kegiatan intrakulikuler karena tujuan muatan dan proses kegiatan projeknya tidak berkaitan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakulikuler tersebut

Panduan dalam Membentuk Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tim fasilitator dibentuk dan dikelola oleh kepala satuan pendidikan dan koordinator projek profil Tugas dari tim fasilitator yaitu merencanakan menjalankan dan mengevaluasi kegiatan projek profil Pancasila Jumlah tim fasilitator disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kondisi dari satuan pendidikan yang mana dilihat dari

 Jumlah siswa dalam satu satuan pendidikan

 Jumlah tema yang dipilih dalam satu tahun ajaran tergolong banyak

 Jumlah jam mengajar guru yang belum terpenuhi atau dialihkan untuk projek profil

 Pertimbangan terhadap beberapa hal lain yang akan disesuaikan dengan kebutuhan masingmasing satuan pendidikan

Langkah dalam Membentuk Tim Fasilitator Projek Profil

1 Koordinator projek profil akan ditentukan oleh kepala satuan pendidikan Adapun tim dari koordinator projek profil  bisa berasal dari wakil kepala satuan pendidikan ataupun guru yang berpengalaman dalam melaksanakan projek

2 Koordinator projek profil dapat membentuk koordinator di level kelas jika SDMnya mencukupi Misalnya di kelas 1 koordiantor yang dipilih adalah satu orang satu orang koordinator di kelas 2 dan seterusnya Sementara pada pendidikan khusus koordinator dapat dipilih berdasarkan jenis kekhususan pendidik

3 Kepala satuan pendidikan bersama koordinator projek profil akan memetakan pendidik dari setiap kelas untuk menjadi tim fasilitator projek profil

4 Tim fasilitator projek profil Pancasila akan dibimbing koordinator untuk merancang dan membuat modul projek profil untuk setiap kelas atau fase

Source : https://blog.kejarcita.id/pelaksanaan-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila

https://blog.kejarcita.id/pelaksanaan-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila

Related Posts :

0 Response to "Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Aliyah"