FINAL TEST KOSMOGRAFI

1. Sekali waktu tataplah langit di malam hari. Bayangkan jika dapat terbang menembus langit dan melewati bintang-bintang. Di atas ketinggian kita juga menatap bumi yang kita tinggalkan, maka akan tampaklah sebuah bulatan planet bumi di suatu tempat ruang angkasa. Sejauh memandang kita memandang, ruang angkasa sangat luas dan tidak tahu di mana batasnya. Dahulu orang menganggap bahwa ruang angka ada batas yang jelas, pada batas itu tertempel bintang-bintang yang berkelip. Barulah pada pertengahan terakhir abad ke 20 dengan perkembangan teknologi teropong, pesawat ulang alik, satelit, dan skylab manusia lebih baik dalam memahami alam semesta. Pertanyaannya adalah apa nama alat yang diperuntukkan melihat benda benda di alam semesta dan Sejarah pengamatan terhadap alam pertama kali dilakukan oleh bangsa apa.

2. Secara morfologi, galaksi dapat dikelompokkan menjadi 3 tipe yaitu tipe galaksi spiral, galaksi elips, dan galaksi tak-beraturan. Banyaknya galaksi spiral di alam raya sekitar 75%; galaksi elips 20%, dan galaksi tak beraturan 5%. Galaksi spiral, adalah tipe yang paling umum dikenal orang. Sesudah adanya galaksi-galaksi terbukti, studi tentang galaksi melonjak cepat. Jutaan pulau-pulau alam semesta seperti bima sakti banyak ditemukan dengan berbagai ragam ukuran, bentuk dan arahnya. Sebagian besar lebih kecil daripada galaksi bimasakti, tetapi beberapa di antaranya lebih besar. Bentuknya beraneka ragam dari bentuk kabut bersinar tercabik-cabik dan tanpa pola tertentu sampai kepada bentuk bulatan yang bermanik-manik bintang. Semunya tergantung di agkasa dengan berbagai sudut. Ada yang terlihat dari samping, ada yang terlihat seluruh muka, dan ada pula yang miring tiga perempat. "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandangnya”. Pertanyaannya terdapat di surah dan ayat berapa terjemahan Ayat Al-Quraan tersebut.

3. Para ahli astronomi telah lama berusaha merumuskan berbagai teori yang dapat menjelaskan tentang kejadian alam semesta. Sebutkan salah satu teori tentang kejadian alam semesta, siapa penemunya dan apa isi teorinya.

4. Berdasarkan rasi-rasi bintang orang meramal. Misalnya Si A lahir pada tanggal 2 Januari, karena tanggal tersebut ada di antara tanggal kemunculan rasi Capricornus maka Si A dikatakan memiliki bintang kelahiran Capricornus. Si B yang lahir tanggal 25 Juli, maka akan meniliki bintang kelahiran Leo dan seterusnya. Isi ramalannya bisa seperti ini bahwa Si A pada minggu ke dua bulan Maret misalnya akan memiliki peluang untuk mendapat proyek besar walaupun keadaan asmara lagi cekcok tetapi seseorang sudah siap menggantikan pasangan asmaranya, dan seterusnya. Berpedoman kepada apakah maka si A disbutkan memiliki bintang Capricornus dan si B berbintang Leo.
5. Jika kita terbang mengarungi ruang angkasa meninggalkan bumi. Dari suatu tempat akan dapat melihat bumi bersama delapan planet lainnya bergerak mengedari matahari. Planet-planet (planetai = pengembara) tersebut mengembara mengitari matahari. Jelaskan minimal 3 teori tentang terjadinya tata surya

6. Jelaskan mekanisme perubahan bentuk bulan berikut waktu kemunculannya. Sangat dianjurkan jika dikaitkan dengan sistem penanggalan dan kontropersi setiap penentuan tanggal satu bagi agama Islam menggunakan kalender komariah.

PILIH 4 DARI 6 SOAL

KIRIM JAWABAN ANDA KE email citrabinawarta@yahoo.com (Khusus unit C)
phagosit@yahoo.com (Khusus unit D)
prajaniaga@yahoo.com (Khusus unit E
)

Jawaban paling lambat diterima tanggal 30 Juli 2010 Jam 00.00 Wib

0 Response to "FINAL TEST KOSMOGRAFI"