Andai Yang Mati Kembali Ke Dunia

 Andai  Yang Mati Kembali Ke Dunia

Orang yang telah mati maka mereka berada di alam kubur dan tidak bisa utk kembali lagi ke alam dunia. Dan mereka berada di alam kubur sampai Allah membangkitkannya pada hari Kiamat. Allah Ta'ala dan Rasul-Nya ﷺ menyebutkan tentang beberapa keinginan orang yang telah mati andaikan mereka bisa hidup kembali ke alam dunia, di antaranya :

Andai  Yang Mati Kembali Ke Dunia
Andai  Yang Mati Kembali Ke Dunia


Andai Yang Mati Kembali Ke Dunia

 SHALAT SUNNAH DUA RAKAAT

Abu Hurairah رضي الله عنه berkata :

"Rasulullah ﷺ melewati sebuah kuburan, lalu bertanya : "Siapakah penghuni kuburan ini ?" Mereka menjawab : "Ini kuburannya si Fulan", lantas Rasulullah ﷺ pun bersabda : "Shalat (sunnah) dua rakaat lebih dia cintai, daripada apa yang masih tersisa dari dunia kalian" (HR. Ath-Thabrani, Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 391)

 

INGIN MENGELUARKAN SEDEKAH

Allah 'Azza wa Jalla berfirman :

"Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali) : "Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang orang yang shalih" (QS. 63 : 10)

 

MELAKSANAKAN AMAL SHALIH

Allah 'Azza wa Jalla berfirman :

"(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia pun berkata : "Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku dapat beramal shalih yang telah aku tinggalkan". Sekali-kali tidak ! Sungguh itu adalah dalih yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada barzakh sampai pada hari mereka dibangkitkan" (QS. 23 : 99-100)

Imam Ibnu Rajab رحمه الله berkata :

"Angan-angan terbesar orang-orang yang telah mati di alam kubur mereka adalah hidup sesaat untuk meraih taubat dan amal shalih yang luput dari mereka, sedangkan orang-orang yang masih hidup di dunia ini justru menyia-nyiakan hidup mereka sehingga umur mereka habis percuma dalam kelalaian, bahkan sebagian mereka ada yang menghabiskannya untuk maksiat" (Lathaiful Ma’arif hal 339) 

Muhammad bin Abi ‘Umairah berkata : "Andaikan seseorang mnghabiskan umurnya sejak hari dia dilahirkan sampai kematiannya saat tua renta dalam ketaatan kepada Allah 'Azza wa Jalla, niscaya dia akan memandang kecil amalnya itu pda hari Kiamat & sungguh dia berkeinginan untuk bisa dikembalikan ke dunia supaya dapat menambah pahala serta balasan kebaikan" (HR. Ahmad, Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 3597)

 Andai  Yang Mati Kembali Ke Dunia

Andai  Yang Mati Kembali Ke Dunia
Andai  Yang Mati Kembali Ke Dunia


MEMBERI KABAR GEMBIRA KEPADA KAUM ATAU KELUARGA YG MASIH HIDUP

Allah 'Azza wa Jalla berfirman :

"Dikatakan (kepadanya) : "Masuklah ke Surga". Ia pun berkata : "Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui. Apa yang menyebabkan Tuhanku memberi ampun kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang2 yang dimuliakan" (QS. 36 : 26-27)

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

"Apabila seorang mu’min telah melihat apa yang dilapangkan padanya di dalam kuburnya, maka dia pun akan berkata : "Biarkanlah diriku, aku ingin memberi kabar gembira pada keluargaku". Maka Malaikat berkata kepadanya : "Tenanglah" (HR. Ahmad no. 14587, hadits dari Jabir bin Abdillah, lihat Silsilah ash-Shahiihah no. 1344)

 

 INGIN UNTUK MATI SYAHID LAGI

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

"Tidak ada seorangpun yang masuk Surga namun dia suka untuk kembali ke dunia padahal dia hanya mempunyai sedikit harta di bumi ini, kecuali orang yang mati syahid. Dia berangan-angan untuk bisa kembali ke dunia, kemudian berperang, lalu terbunuh hingga sepuluh kali, karena dia melihat keistimewaan karamah (mati syahid)" (HR. Bukhari 2817 dan Muslim no. 1877, hadits dari Anas bin Malik)


0 Response to "Andai Yang Mati Kembali Ke Dunia"